Breaking News
 |  |

Uncategorized

Seorang pemandu dalam perjalanan ke Sagada

Saya selalu ingin pergi ke Baguio karena saya masih di sekolah dasar, tetapi ibu saya tidak akan membiarkan saya karena gempa bersejarah yang terjadi di sana ketika saya berada di dalam rahim ibu saya. Gempa terjadi ketika ibu saya melakukan perjalanan kembali dari Baguio ke Manila. Dan sekarang saya sudah berumur 26 tahun, saya masih belum ada di sana.

Merindukan tempat yang dingin di puncak gunung, seorang teman saya mengundang saya untuk berpetualang. Belum pernah ada sebelumnya di Baguio, di Sagada. Salah satu tempat terdingin di negara ini. Tempat kedamaian dan relaksasi. Itu seperti tempat melarikan diri dari kota dan kenyataan. Dan dari film terkenal "That Thing Called Tadhana," itu adalah tempat di mana hati yang patah pergi.

Bepergian ke Sagada baik untuk keluarga, teman, pasangan atau bahkan pemain solo. Meskipun hanya tempat-tempat tertentu yang disarankan untuk lansia dan anak-anak dan tentu saja harus membuat perjalanan yang nyaman bolak-balik, karena ini akan menjadi perjalanan yang panjang.

TRANSPO

Teman saya dan saya mengambil jalur Coda Bus di Cubao untuk satu cara P700 – rute dari Cubao ke Proper Kota Sagada. Pastikan Anda membeli tiket terlebih dahulu, karena bus selalu penuh. Coda Bus Line terletak di HM Transport Terminal, Maryland corner EDSA. Waktu perjalanan adalah 10-12 jam jadi saya sangat merekomendasikan bus ini dengan kursi yang dapat disesuaikan dan musik serta film yang bagus. Anda akan berterima kasih kepada saya jika Anda mengalaminya. Bus berangkat pukul 21:00 di Cubao, Jumat 10 Februari 2017. Setelah 5 jam, kami tiba di Baguio City pada jam 2:00. Kami kemudian memiliki dua persinggahan sampai kami tiba di Sagada Town pada pukul 07:00 pagi.

Dalam perjalanan pulang kami juga menggunakan Jalur Bus Coda untuk P700 dengan satu cara. Saya sarankan membeli tiket bus kembali di muka. Dari Proper Kota Sagada, carilah jeepney ke Bontoc, ditawarkan oleh Coda Bus Line, karena stasiun bus kembali ke Manila di Bontoc. Tidak ada pembayaran tambahan yang diperlukan di jeepney karena ini termasuk dalam pembayaran bus. Naik jeepney mereka adalah salah satu bagian yang menyenangkan di Sagada. Jika Anda adalah salah seorang petualang, tantang diri Anda untuk duduk di atas jeepney. Ya, Anda membaca itu benar! Kursi di atas jeepney di sebelah tas penumpang. Kebanyakan orang yang melakukannya adalah pria, tetapi beberapa wanita cukup berani untuk mencobanya. Saya selalu menganggapnya menakutkan karena Anda melihat tebing dari atas. Tetapi jika Anda berkonsentrasi pada lanskap, bersyukur pada Tuhan untuk pemandangan yang luar biasa. Itu telah dihidupkan kembali seperti kartu pos. Keuntungan lain dari bus ini adalah bahwa Anda memiliki persinggahan dengan visibilitas untuk membeli sayuran dan makanan lezat lainnya dan persinggahan lain di Rice Terraces Banawe untuk mengambil gambar.

HOTEL

Kami menginap di Misty Lodge Hotel and Café – 2 km dari kota. Tampaknya jauh tetapi kami tidak menyesal bahwa kami tinggal di sana. Hotel ini sangat nyaman dan mereka melayani makanan terbaik di kota. Saat memasuki rumah, Anda akan melihat sebuah kafe yang dihias dengan baik dengan cerobong di samping. Mereka memiliki kamar di lantai dasar, 4 kamar dan lantai dua, dan 5 kamar di loteng. Kamar baik untuk pemain solo untuk beberapa empat orang per kamar. Karena kami adalah kelompok delapan orang, terdiri dari empat anak laki-laki dan empat perempuan, kami meminta dua kamar. Untungnya, kamar yang tersedia berada di loteng, saling berhadapan. Kamar untuk empat orang memiliki 2 tempat tidur dengan meja samping dan lemari. Lantai kedua memiliki ruang tamu dengan tumpukan buku yang dapat Anda gunakan untuk waktu luang Anda, sementara loteng memiliki tempat pertemuan di tengah ruangan untuk pemirsa yang ingin bermain permainan papan. Rumah itu penuh dengan buku-buku dan permainan yang dapat digunakan para tamu untuk hiburan. Hotel ini sangat direkomendasikan, meskipun mereka hanya memiliki kamar mandi bersama. Mereka hanya memiliki dua kamar mandi besar untuk seluruh rumah, jadi Anda mungkin ingin bangun lebih awal seperti yang diharapkan untuk menghindari barisan. Kelebihan lain dari hotel ini adalah bahwa hal itu tidak mematikan lampu di malam hari. Anda juga harus memperhatikan bahwa mereka telah mematikan semua lampu, bahkan lampu jalan, pada pukul 10:00.

Saya juga kenal beberapa orang yang menginap di Rock Inn Hotel. Ini juga merupakan hotel yang bagus, tetapi lebih jauh dari kota daripada di Misty Lodge. Dan yang lainnya ada di Residential Lodge. Penginapan Penginapan sudah berada di Kota, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang jarak yang jauh berjalan di jalan yang sangat dingin setelah beraktivitas atau setelah makan malam. Namun karena berada di kota, mereka mengikuti lampu jam malam dari sana, mematikan lampu pada jam 10 termasuk pencahayaan ruangan. Anda tidak dapat melakukan lebih dari 22,00 jam kecuali Anda tidur.

AKTIVITAS

Ada banyak kegiatan di Sagada, meskipun sebagian besar dari mereka membutuhkan berjalan kaki. Jadi, jika Anda bepergian dengan manula atau anak-anak, pilihlah mereka yang aman bagi mereka dan pastikan Anda menyewa pemandu wisata. Berikut ini beberapa kegiatan yang saya dan teman saya kunjungi.

Mt. Kiltepan

Kami tiba di Sagada Town pukul 7 pagi dan sarapan kami di Misty Lodge Café karena kami juga harus check in. Sayangnya kami tidak dapat check in lebih awal, jadi kami memutuskan untuk meninggalkan tas kami di resepsionis dan pergi ke Mt. Kiltepan. Dari Misty Lodge itu adalah 2 km berjalan ke pintu masuk ke Mt. Kiltepan dan berjalan 20-30 menit ke atas dan Anda bahkan bisa pergi tanpa pemandu. Ini adalah tempat yang aman; hati-hati saat berdiri di tebing. Anda juga dapat mengambil mobil Anda atau menyewa jeepney untuk pergi ke atas. Gunung ini terlihat dalam film "That Thing Called Tadhana", di mana sang protagonis melepaskan perasaannya dengan berteriak. Meskipun mereka pergi ke sana dalam film untuk menunggu terbitnya matahari ketika kami pergi ke sana pada pukul 10 dan pemandangannya masih bagus! Pemandangan yang jelas dari sawah beraspal Filipina. Saya pikir tidak ada kelompok lain yang pernah berpikir untuk pergi ke sana kecuali matahari terbit itu baik, kita memiliki tempat untuk diri kita sendiri. Kami telah membuat banyak foto hebat tanpa terburu-buru. Tetapi jika Anda ingin melihat lautan awan, Anda harus naik ke sana pada 4,30 dan menunggu matahari terbit. Saya akan memberi tahu Anda bahwa itu benar-benar sepadan.

Echo Valley Tour -> Peti Mati -> Sungai Bawah Tanah -> Air Terjun Bokong

Pada hari kedua kami, kami memutuskan untuk menyewa pemandu untuk Tur Lembah Echo untuk P500 untuk sekelompok 10 orang orang-orang. Tur ini terdiri dari banyak rute, tergantung pada tujuan terakhir Anda dan di sini adalah milik kita. Kami pertama pergi ke gereja dan bukit pemakaman di mana kami mendengarkan sejarah tempat dan tradisi mereka. Kemudian kami berjalan ke Echo Valley, tempat di mana, ketika Anda berteriak, Anda menggemakannya. Bagus sekali! Lalu kami pergi ke peti menggantung. Ini tidak menakutkan, agak membingungkan, terutama di tengah pegunungan berbatu. Bagaimana mereka bahkan berhasil membawa semuanya ke depan dan mendorongnya ke dalam gua mini? Kami masih terusik sampai kami mencapai sungai bawah tanah di mana kami harus memasukkan obor kami untuk melihat ke mana kami akan pergi. Anda harus berhati-hati karena beberapa batu sangat rendah sehingga Anda dapat memukul kepala Anda. Ketika Anda mencapai ujung sungai, itu berarti Anda telah mencapai Air Terjun Bokong. Itu hanya air terjun kecil, tapi itu indah. Kami menikmati makan siang dan berenang di sana. Kemudian kami mengambil rute lain kembali ke kota. Kami butuh hampir 4 jam di tur ini tapi kami menikmatinya.

Matahari Terbenam di Danau Danum

Merasa seperti pompa, setelah tur Echo Valley kami, kami memiliki beberapa gigitan dengan barbekyu dan hotdog dan kemudian kami menyewa shuttle untuk P600 untuk mengantar kami ke Danau Danum. Banyak turis pergi ke kehancuran tepat waktu. Sayangnya, matahari tertutup awan, jadi kami tidak benar-benar melihatnya dengan jelas. Tapi tetap saja, ini tempat yang bagus untuk piknik. Saya juga merekomendasikan untuk membeli kopi instan (kopi Organo Gold) atau yogurt sambil menunggu matahari terbenam. Ini benar-benar enak!

Marlboro Hills

Karena kita pernah ke Mt. Kiltepan, kami memutuskan untuk berjalan ke Marlboro Hills untuk melihat lautan awan. Kami mulai berjalan pada pukul 4 pada hari Minggu sementara udara mulai bergejolak. Kami berjalan selama 1 jam dan 30 menit dan itu menjadi lebih dingin dan lebih dingin. Lebih tinggi dari Mt. Kiltepan dan itu tidak dianjurkan jika hujan di tanah menjadi lebih langsing. Ini bukan visibilitas di atasnya dan pastikan Anda memakai jaket bulu domba.

Ini semua adalah kegiatan kami selama kami tinggal di Sagada. Kami juga memiliki perjalanan ke Bomod-OK Falls tetapi dibatalkan karena ritual yang sedang berlangsung pada hari itu. Selain itu, Anda dapat mencoba pergi ke Gua Sumaguing, Tanah Biru, Gua Lumiang, Museum Ganduyan, Air Terjun Pongas, dan Teras Sawah Sagada yang terkenal.

MAKANAN

Jika Anda mencari sesuatu untuk menggantikan kalori yang terbakar setelah beraktivitas, Sagada memiliki banyak restoran yang tidak akan segera Anda lupakan. Dari semua tempat yang pernah saya kunjungi, Sagada adalah satu-satunya tempat di mana semua makanan yang mereka sajikan berisi sayuran. Anda tidak perlu bertanya, itu diberikan. Tidak hanya itu, sayuran mereka segar dan lezat. Hidangan mereka enak dan pizza murah dan hamburger adalah hal-hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Jangan lupa untuk mencoba yogurt krim yang terkenal. Ini adalah spesialisasi mereka karena creaminess dan kesegaran buah yang telah dibumbui di dalamnya. Saya merekomendasikan makan di Misty Lodge Café, Sagada Brew, Salt & Pepper, dan Gaia Café. Ada beberapa tempat di mana kita berada dan itu adalah suatu keharusan! Terutama Gaia Café, tempat ini memiliki pemandangan sawah Banawe dan yang terbaik untuk kopi dan muffin mereka. Juga lebih baik jika Anda mencoba hidangan lokal yang dapat Anda beli di jalan, seperti roti gandum dengan cokelat / keju, es krim kotor dengan sirup Hershey dan yogurt.

PASALUBONG (SOUVENIRS)

Bertanya-tanya di mana untuk membeli souvenir untuk orang yang Anda cintai? Nah, Anda tidak perlu berkendara jauh karena kota ini adalah tempat yang kecil dan memiliki banyak toko-toko suvenir. Saya sarankan Anda meminum anggur merah mereka. HAHA Buatlah lelucon! Mereka menjual salah satu anggur terbaik dan favorit saya adalah anggur merah dari Charlina Bugnay yang saya beli hanya untuk P150-P160 per botol, tergantung pada toko mana yang Anda beli. Saya juga membeli sebungkus daun gunung untuk P10 dan teh kunyit untuk P150, yang sangat baik dalam membersihkan tubuh.

Selama empat hari kami benar-benar menikmatinya dan saya cukup yakin saya akan segera kembali. Jika Anda seorang pemain solo yang mencari tempat untuk melarikan diri atau bersantai, ini adalah tempat yang bagus untuk Anda. Atau mungkin Anda pasangan, teman atau keluarga yang merasa seperti petualangan, jangan lupa membawa A-game Anda sendiri! Selain itu jangan lupa membawa pelembab dan tabir surya. Meskipun dingin, panas matahari cukup kuat untuk membakar kulit Anda. Sungguh, Sagada itu unik! Jadi jika Anda ada di sana, ambil momen!